Kamis, 21 Maret 2013

Indonesia harus bermain cepat dalam melawan arab saudi


Pelatih Luis Manuel Blanco ingin tim nasional bermain cepat ketika menghadapi Arab Saudi, 23 Maret mendatang. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kekalahan postur dari tim runner-up Piala Asia 2007 tersebut. "Perpindahan bola dari kaki ke laki akan menjadi kunci permainan. Tim akan memaksimalkan bola pendek mendatar. Tidak banyak mengandalkan bola atas," kata Blanco, Kamis, 14 Maret 2013.
Sejak kedatangannya ke Tanah Air, pria Argentina itu memang berulang kali mengutarakan niat ingin membentuk timnas yang bermain cepat melalui satu-dua sentuhan. Terlihat dalam beberapa kali latihan yang telah dijalani, ia selalu memberi porsi latihan gim penguasaan bola kepada Diego Michels cs. Ia menambahkan, pola permainan cepat dan bola pendek di timnas sebenarnya telah dirintis di era tim pelatih sebelumnya.
Namun, mantan pelatih Dinamo Tirana di Liga Albania itu menilai skema belum berjalan maksimal karena jarak antarpemain terlalu jauh. "Itu yang akan saya perbaiki. Makanya, saat latihan saya menekankan pemain untuk umpan pendek cepat disertai pergerakan mengisi posisi kosong di lapangan. Mudah-mudahan hasilnya bagus," kata Blanco.
Badan Tim Nasional memanggil 61 pemain ke pemusatan latihan nasional untuk menghadapi Arab Saudi. Kemenangan memang mutlak dibutuhkan untuk tetap menjaga peluang lolos ke Piala Asia 2015 di Australia. Sebelumnya di pertandingan pertama kualifikasi, timnas kalah 0-1 dari Irak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar